Senin, 23 Agustus 2010

DIAGNOSA KLINIK

1.Insuficienta Valvulus Seminalis

Defenisi

Insuficienta valvulus seminalis adalah suatu keadaan dimana terjadinya gangguan fungsi dari katup aorta/pulmonalis disertai dengan penutupan yang tidak sempurna yang menimbulkan regurgitasi aorta/pulmonal.

Diagnosa

Keadaan stenois kongenital katup pulmonalis yang disertai dengan kegagalan jantung kanan. Keadan lain adalah penyakit jantung rematik derajat berat yang menyerang katup trikuspidalis. Adanya kelainan frekuensi, irama, aksia gelombang P dan QRS, voltase disandapan prekordial pada pemeriksaan dengan EKG. Pada foto polos dada adnya kelainan letak, ukuran dan bentuk jantung, vaskularisasi paru, edema paru, parenkim paru, letak gaster dan hepar.

2.Ductus Arteriosus Patensi

Defenisi

Patent Ductus Arteriosus (PDA) atau Ductus Arteriosus Paten (DAP) adalah kelainan jantung kongenital (bawaan) dimana tidak terdapat penutupan (patensi) ductus arteriosus yang menghubungkan aorta dan pembuluh darah besar pulmonal setelah 2 bulan pasca kelahiran bayi. Biasanya ductus arteriosus akan menutup secara normal dalam waktu 2 bulan dan meningggalkann suatu jaringan ikat yang dikenal sebagai ligamentum arteriosum.

Diagnosa

Foto rontgen toraks juga menyerupai kelainan VSD. Pada PDA kecil bayangan jantung normal. PDA sedang-besar terjadi kardiomegali dan peningkatan PVM. Adanya PVOD akan meningkatkan ukuran jantung normal dengan pembesaran MPA dan peningkatan corakan vaskulerisasi hilus.


3.Anemia yang Hebat

Defenisi

Anemia dalah keadaan dimana jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalamsel darah merah berada dibawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya keseluruh bagian tubuh. Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah sesuai yang diperlukan tubuh.

Diagnosa

Pemeriksaan darah sederhana bisa menentukan adanya anemia. Persentase sel dalah merah dalam volume darah total (hematokrit) dan jumlah hemoglobin dalam suatu contoh darah bisa ditentukan. Pemeriksaan tersebut merupakan bagian dari hitung jenis darah komplit (CBC). Pengobatan menggunakan Calcium I, Benefical, Vitality dan Vigor.

4.Nefritis

Defenisi

Peradangan pada ginjal atau nefritis adalah salah satu penyakit ginjal yang sering terjadi. Gejala utamanya adalah adanya elemen seperti albumin di dalam air seni sehinga kondisi ini disebut juga dengan albiminuria. Sel darah merah juga sel darah putih juga tampak dalam pemeriksaan mikroskopik pada air seni.

Diagnosa

Penderita biasanya mengeluh merasa dingin, demam, sakit kepala, sakit punggung dan udema (bengkak) pada bagian muka atau sekitar kelopak mata, mual, muntah, sulit buang air kecil dan air seni menjadi keruh.

Pada beberap orang gejala tersebut bisa berkembang menjadi kronis. Pada keadaan ini, proses kerusakan ginjal terjadi menahun dan selama itu gejalanya tidak tampak. Namun, pada akhirnya orang-orang tersebut dapat menderita uremia (adanya darah dalam air seni) dan gagal ginjal.

5.Rachitis

Defenisi

Rakitis adalah jaringan tulang yang lembut pada anak-anak yang berpotensi ke arah retak dan kelainan bentuk pada tulang. Rachitis merupakan penyakit yang paling banyak pada anak-anak di negara berkembang. Penyebab utama aalah defisiensi vitamin D, kekurangan zat kapur dalam diet juga dapat memicu rachitis. Pada orang dewasa disebut osteomalacia.

Diagnosa

Diagnosa rachitis berdasarkan tes darah yang menunjukkan zat kapur dalam serum rendah, fosfor rendah dan fosfatase tinggi. Arteri menunjukkan acidosis. Radiologi pada tulang menunjukkan hilangnya kalsium atau perubahan dari struktur tulang. Biopsi tulang jarang dilakukan.

6.Azoturia

Defenisi

Azoturia dikatakan sebagai kelebihan urea/senyawa nitrogen lain dalam urin. Azoturia adalah suatu kondisi yang mempengaruhi otot kuda, antara kekakuan dan kram ringan pada kuda sehingga tidak mampu untuk berdiri dengan urin yang kotor. Azoturia dapat terjadi pada semua umur kuda tatapi lebih sering pada kuda betina dan anak kuda betina dibandingkan kuda jantan.

Diagnosa

Diagnosa ditegakkan berdasarkan gejala klinis tersendiri tetapi perlu tes lanjut yang meliputi pengujian darah untuk mencari nilai abnormal dari enzim otot serum ketika otot telah dirusakkan. Tes elektrolit urin juga dapat digunakan untuk melihat abnormalitas elektrolit yang dapat mempengaruhi penyakit dan dapat juga untuk manajemen monitor dan perawatan.

7.Osteodystrophia fibrosa

Defenisi

Osteodystrophia fibrosa merupakan suatu luka pada tulang dimana jaringan fibro-osseus menggantikan tulang diabsorbsi kembali. Reabsorbsi itu disebabkan oleh hiperparathyroid yang mungkin primer atau sekunder dari kesalahan gizi atau insufficiensi ginjal yang disebut juga osteitis fibrosa.

Diagnosa

Diagnosa didasarkan pada gejala klinis, luka yang kotor, histopatoogi dan sejarah manajemen.

8.Blackleg

Defenisi

Blackleg sering disebut radang paha. Penyakit radang paha ini disebabkan oleh kuman-kuman seperti Clostridium chauvei, Clostridium, septicum dan Clostridium novyi. Yang paling banyak ditemukan pada penyakit ini disebabkan oleh Clostridium chauvei. Habitat kuman penyebab penyakit tersebar luas di alam, seperti di tanah, air, saluran pencernaan dan dalam jaringan yang normal dari hewan yang sehat, juga di jaringan hewan-hewan yang sedang membusuk. Kuman dapat membentuk spora yang sifatnya laten.

Diagnosa

Untuk menentukan diagnosis penyakit dapat dilakukan dengan cara mengamati gejala-gejala klinis yang timbul terutama gejala lesio otot disertai emfisema (mengandung banyak gas). Perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium guna mengetahui adanya kuman Clostridia. Pemeriksaan pascamati dengan mengambil bagian otot yang mengalami perubahan warna dan biasanya banyak mengandung kuman.

REFERENSI

http://infohidupsehat_com%@)%BB%@)ANEMIA.htm

http://id.wikipedia.org/wiki/Anemia

http://en.wikipedia.org/wiki/Rickets

http://www.equinehospital.net/azoturia.htm

http://www.answers.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar